Aug 9, 2014

Saturday, August 09, 2014
Mie Godog Jawa (Rebus)

Jika kita jalan-jalan di pulau Jawa, setiap pinggiran jalan kalian akan disuguhkan dengan pemandangan pedagang kaki lima yang menjual beraneka makanan, salah satunya adalah Mie Godog Jawa (Rebus). Kenapa dinamakan Mie Godog Jawa (Rebus)???, karena bahan bakunya adalah Mie kuning yang di beri kuah dan dimasak, kuah/air yang dimasak ini dalam bahasa jawa disebut dengan Godog. Nah dari situlah Muncul kata Mie Godog Jawa (Rebus). Meski terkesan biasa saja tapi rasanya enak lhoo....
 
Mie Godog Jawa


Cara Membuat 

Bahan yang diperlukan
1 Bungkus Mie Gelung (kuning) Ukuran besar
1/2 kg kubis (kol)
1 ikat sawi
1/4 kg wortel
1/4 kg ayam / udang
1 ons seledri 
1/4 kg tomat
1 bungkus kaldu ayam 
1/4 Minyak goreng
Air Secukupnya

Bumbu
merica secukupnya
1 ons bawang merah
1 ons bawang putih
kecap secukupnya
garam secukupnya
1 ons cabai
saos secukupnya
gula secukupnya

cara membuat
1.Mie gelung (kuning) direndam dalam air panas sampai mengembang kemudian tiriskan, setelah itu beri minyak goreng secukupnya hingga merata setelah itu di kukus sampai matang.

2.Bersihkaan wortel, kubis (kol), seledri, dan tomat. Potong kubis (kol), tomat, seledri dan wortel kecil-kecil / bentuk sesuai selera. kemudian di tumis wortel, kubis (kol), dan sawi hingga layu.

3.Goreng udang/ayam sampai warna kekuningan, kemudian potong-potong / suwir sesuai selera untuk ayam.

4.Haluskan merica, bawang putih, gula, dan garam. Bawang merah dipotong halus kemudian di goreng sampai kering dan di tiriskan. Masak 2 liter air sampai mendidih, kemudian tumis bumbu yang telah dihaluskan dan campur dengan air yang telah mendidih, campurkan kecap secukupnya.

cara penyajian
sediakan 1 mangkuk kemudian susun dari paling bawah dengan tumisan kol, wortel, mie, tomat, sawi, seledri dan udang/ayam. Siram dengan kuah, beri saos, cabe jika suka dan tabur dengan bawang goreng.
Mie Godog Jawa siap untuk dihidangkan. Untuk 10 porsi.



 


0 comments:

Post a Comment