Aug 14, 2014

Thursday, August 14, 2014
 Berbagai Motif batik di Indonesia

      Indonesia merupakan negara yang terdiri dari beribu-ribu pulau, diantaranya pulau jawa, kalimantan, sulawesi, bali dan lain sebagainya yang tidak bisa disebutkan satu persatu.  Dengan adanya pulau-pulau tersebut menjadikan negara indonesa ini negara yang beranekaragam baik ras, suku, adat istiadat, agama dan lainnya.  Sehingga lahirlah istilah Bhinneka Tunggal ika arti Bhinneka Tunggal Ika adalah berbeda-beda tetapi satu jua yang berasal dari buku atau kitab sutasoma karangan Mpu Tantular / Empu Tantular. 
        Secara mendalam Bhineka Tunggal Ika memiliki makna walaupun di Indonesia terdapat banyak suku, agama, ras, kesenian, adat, bahasa, dan lain sebagainya namun tetap satu kesatuan yang sebangsa dan setanah air. lhooo.... ko malah sampai kemana-mana. Ok dech next aja, diantara pulau yang paling banyak penduduknya adalah pulau jawa, di pulau jawa ini banyak sekali keberagaman. dengan adanya perkembangan zaman ini diharapkan nantinya apa yang menjadi ciri khas dari indonesia tidak hilang atau lebih buruknya lagi di klaim oleh negara lain. Oleh sebab itu kita harus menjaga warisan-warisan kebudayaan nenek moyang kita. Salah satunya yang harus kita jaga adalah Batik, Kata batik tidak hanya satu jenis saja melainkan berpuluh-puluh motif batik yang tersebar di wilayah indonesia terutama di pulau jawa. Adapun motif-motif batik yang paling terkenal yang ada di indonesia antara lain:
1. Batik Yogyakarta
batik yogyakarta ini jua tidak hanya satu motif saja melainkan lima motof Batik Jogja yang paling populer yaitu motif kawung, motif parang kusumo, motif truntum, motif tambal, dan motif pamiluto.

parang kusumo
2. Batik Pekalongan
batik pekalongan ini motifnya yang terkenal terdiri dari Jlamprang, Sekarjagat, batik Encim dan Klangenan atau motif khas lainnya. bahkan di pekalongan sudah hampir seratus jenis yang sudah di kembangkan.

3. Batik Solo
tak kalah bagus lagi batik solo motifnya yang paling populer, yaitu motif sido asih, motif ratu ratih, motif parang kusuma, motif bokor kencana, dan motif sekar jagad.

4. Batik Madura
batik madura terkenal dengan warna yang mencolok seperti penduduknya (pemberanii). Salah satu batik terkenal dari Madura adalah Batik Gentongan, yang memiliki karakteristik tertentu dalam mewarnai, yang dihasilkan dari pengolahan yang berbeda dibandingkan dengan batik lainnya. Pada proses tersebut, kapas (mori) didicuci dan direndam dalam tong air yang dicampur dengan minyak khusus dari residu kayu. 


gentongan

5. Batik Bali
selain terkenal dengan sarung balinya di bali juga terdapat batik dengan corak yang di inspirasikan dari keindahan alam pulau bali, berupa laut, atau budaya-budaya khas dari pulau bali.



6  Batik Jepara
batik khas jepara ini terkenal dengan tenun troso jepara karena coraknya yang menyerupai tenun/songket sehingga dinamakan batik tenun. Yang paling terkenal adalah Batik tenun troso jepara.

7. Batik Pati
batik khas dari pati adalah Bakaran. Seni batik bakaran ini berjalan sejak zaman majapahit yaitu antara abad 14 sampai sekarang, dan sampai saat ini corak batik bakaran sangat khas dan unik yang motifnya sangat berbeda dengan batik-batik lain walaupun asal mulanya dari budaya batik yang sama yaitu budaya keraton. Motif misalnya, sekar jagat, padas gempal, magel ati, dan limaran.


bakaran

8. Batik Papua
Papua juga punya kain batik sendiri yang tak kalah cantik dan unik. Batik Papua punya ciri khas yang berbeda dari batik lainnya. Ciri khas Batik Papua adalah pilihan warnanya yang cenderung genjreng warna-warni dengan motif burung cenderawasih, tifa (alat musik semacam gendang dari Papua), dan motif ukiran asmat.

suku asmat

9 Batik kalimantan
Batik Kaltim memiliki corak yang berbeda dengan batik lainnya. Batik Kaltim terdiri dari beberapa bahan. Ada yang berbahan sutra, semi sutra, serat nanas, katun, dan doby atau lebih dikenal dengan ulap doyo. yang paling terkenala adalah Ulap doyo.


ulap doyo
 

0 comments:

Post a Comment